Pages

Selasa, 06 Januari 2015

Jaringan Meristem Berdasarkan Posisinya



Berdasarkan posisinya pada tumbuhan, jaringan meristem dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu meristem apikal, meristem interkaler, dan meristem lateral.

a. Meristem apikal (meristem ujung)
Meristem apaikal terdapat di ujung (pucuk) batang utama, ujung batang (pucuk) lateral, dan ujung akar. Meristem apikal menyebabkan pemanjangan batang dan akar, yang disebut pertumbuhan primer. Semua jaringan yang terbentuk dari jaringan meristem apikal disebut jaringan primer. Proses pemanjangan meristem apikal akan menghasilkan daun, bunga, dan tunas apikal (tunas ujung) yang akan berkembang menjadi cabang samping. Meristem apikal akan  tampak melebar sebelum pembentukan daun, kemudian menyempit kembali setelah pembentukan primordium daun. Proses ini akan berulang kembali dengan adanya inisiasi dari setiap daun atau pasangan daun.
Menurt Schmidt, terdapat dua bagian penting pada daerah ujung batang yaitu korpus dan tunika. Korpus merupakan bagian pusat dari titik tumbuh, dengan area yang luas, tersususn atas sel-sel yang relatif besar, serta mampu membelah secara tidak beraturan ke segala arah dan membentuk seluruh jaringan selain epidermis. Tunika merupakan bagian terluar dari titik tumbuh, terdiri atas satu atau beberapa lapis sel yang tersusun dari sel-sel yang berukuran relatif kecil dan mengalami pembelahan ke arah lateral atau ke samping. Sel-sel tunika akan berdiferensisi menjadi epidermis.
Sementara itu, Hanstein membagi ujung akar menjadi tiga daerah, yaitu demartogen yang akan berkembang menjadi epidermis, periblem yang  akan berkembang menjadi korteks, dan plerom yang akan berkembang menjadi setele. 


  


b. Meristem interkaler atau aksilar (meristem antara)
Meristem interkaler terdapat di antara jaringan dewasa atau jaringan yang sudah berdiferensiasi. Contohnya meristem pada pangkal ruas tumbuhan golongan rumput-rumputan (Gramineae) beberapa anggota spesies dari Caryophyllaceae dan Polygonaceae, serta Equisetum sp. Meristem interkaler merupakan daerah meristematik karena terputus dari daerah meristematik yang terisolasi di subapikal batang, kemudian berkempang menuju pangkal (besipetal). Sel-selnya membelah unutk membentuk rangkaian sel yang sejajar sehingga disebut meristem rusuk. Meristem interkaler menyebabkan pemanjangan ruas batang dan terbentuknya bunga. Jaringan yang terbentuk oleh meristem interkaler termasuk jaringan primer.
Miltenyi menyatakan bahwa meristem interkaler batang rumput tidak memiliki kedudukan yang tetap, melainkan berubah-ubah bersamaan dengan memanjangnya ruas. Pada awalnya aktivitas meristematik interkaler terjadi di seluruh bagian ruas, tetapi setelah perkembangan lakuna ( interupsi di dalam jaringan pembuluh silinder tengah), aktivitas ini menjadi terbatas pada jaringan dasar perifer di daerah sendi. Aktivitas meristematik sendi dapat terus aktif meskipun batang sudah menjadi dewasa.

c. Meristem lateral (meristem samping)
Meristem lateral terletak memanjang sejajar permukaan batang atau akar, contohnya kambium pembuluh (kambium vaskuler) dan kambium gabus (felogen). Meristem lateral menyebabkan terjadinya pertumbuhan sekunder pada batang maupun akar, sehingga batang dan akar tersebut akan membesar. Aktivitas meristem lateral akan membentuk jaringan sekunder. Kambium pembuluh berperan dalam penebalan batang dan akar, sedangkan kambium gabus berperan dalam pembentukan lapisan pelindung periderm (gabus).  Penebalan kayu pada batang akibat aktivitas kambium pembuluh, menyebabkan epidermis pecah. Jaringan pelindung (jaringan gabus) kemudian mengambil alih fungsi epidermis. Gabus tersusun dari se-sel mati  berbentuk pipih tanpa ruang antarsel. Sel-sel tersebut dibatasi oleh lapisan bahan berlemak yang disebut suberin. Pada batang, gabus mencul pada sel-sel korteks terluar, sedangkan pada akar umumnya gabus dibentuk di dalam perisikel. Pada jaringna gabus terdapat sekumpulan sel-sel yang memiliki ruang antarse yang disebut lentisel. Lentisel berfungsi sebagai jalur pertukaran udara atau oksigen untuk kebutuhan jaringan hidup yang terletak di dalamnya. 


3 komentar:

 

Copyright © 2014. Biology - All Rights Reserved :: Designed By Awanbook | Powered by Blogger